Empat Cara Cermat Berlibur

Senin, 17 April 2017 - 11:00 WIB
Empat Cara Cermat Berlibur
Empat Cara Cermat Berlibur
A A A
TAHUN ini tanggal merah di kalender lumayan banyak. Waktunya berlibur! Tapi tunggu dulu, sebelum melepas penat dengan orang-orang terdekat Anda harus cermat untuk melakukannya.

Cara cermat ini berlaku untuk berlibur di dalam dan luar negeri. Dan inilah empat cara cermat yang mungkin bisa Anda perhatikan untuk berlibur seperti yang dituturkan pakar perencana keuangan dari MRE Financial & Business, Andy Nugroho :

Perhitungkan pengeluaran Anda
Meski tabungan kita mencukupi untuk biaya liburan, tetap saja harus diperhitungkan biaya yang harus kita keluarkan setelah berlibur. Misal, pada akhir tahun, Anda mendapatkan bonus berlipat karena ada bonus tahunan dan THR (Tunjangan Hari Raya) bagi yang nasrani. Sebaiknya sisihkanlah sebagian bonus itu. Alokasikan dalam pos tabungan dan investasi, dana darurat, pendidikan diri sendiri, dan kesenangan pribadi sebesar 10%. Jangan lupa menyisihkannya untuk sedekah sebesar 5%. Sisa sebesar 55% itulah yang bisa kita belanjakan untuk keperluan berlibur dan merayakan hari raya.

Cermat memilih keperluan

Agar semua pengeluaran untuk liburan dapat terpenuhi sekaligus terkontrol, sebelum mulai berlibur, buatlah daftar pengeluaran apa saja yang harus kita penuhi ataupun wajib ada ketika kita berlibur. Jangan lupa untuk memasukkan pos lain-lain dan darurat sebagai antisipasi seandainya ada ada barang yang harus Anda beli.

Tetaplah menabung

Tidak hanya ketika Anda mendapatkan income yang rutin. Ketika Anda menerima bonus atau pemasukan tambahan apa pun, tetap sisihkan 10% dari income untuk ditabung dan diinvestasikan.

Tentukan lokasi dan estimasikan biaya

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, tentukan lokasi dan estimasikan dana yang dibutuhkan. Setelah itu, tentukan berapa banyak dana yang harus Anda sisihkan setiap bulan untuk bisa mendatangi tempat itu. Cara kedua adalah perhitungkan dana realistis yang Anda miliki untuk berlibur saat ini. Anda harus mencari destinasi yang sesuai dengan bujet yang tersedia itu. Pastikan bahwa bujet operasional dan bujet kebutuhan hidup Anda sehari-hari pascaliburan sudah disisihkan terlebih dahulu. Sehingga ketika Anda pulang dari tempat liburan, Anda tidak perlu kerepotan karena tidak ada lagi dana. (Karina/MDR)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)